Home Visit; Bukan Sekedar mengunjungi Keluarga Klien!

Dimasyarakat mungkin belum terlalu familiar istilah pembimbing kemasyarakatan (PK) hal itu tercermin dari berbagai ungkapan masyarakat yg masih memakai istilah sipir, pegawai Lembaga.  Padahal antara tugas pokok Pembimbing Kemasyarakatan (PK) dengan petugas pemasyarakatan yang lain mempunyai hirarki yang berjalan sesuai dengan peruntukannya masing-masing.
Salah satu tugas pokok PK adalah melakukan penelitian kemasyarakatan yang bertujuan untuk memperoleh data dalam proses re-integrasi sosial narapidana. Terkait  dengan hal tersebut dalam beberapa kesempatan  Plt. KaBapas Kelas II Watampone Abdul Waris menghimbau kepada seluruh ASN Bapas Watampone untuk menjadi petugas PK yang berintegritas serta memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaan sehingga bisa menghasilkan penelitian kemasyarakatan yang berkualitas.
Lebih lanjut petugas PK dituntut untuk menghadirkan data objektif yang sesuai kondisi sebenarnya yang ada di lapangan dengan  mengunjungi tempat penjamin (home visit), tokoh masyarakat serta aparat pemerintah. Hal tersebut dilakukan karena proses re-integrasi merupakan tanggung jawab semua pihak sehingga membutuhkan koordinasi serta kerjasama yang baik.

Sejalan dengan hal tersebut PK Bapas Watampone dalam kesempatan kali ini melakukan kunjungan ke wilayah kerja Bapas yang berada di Kabupaten Soppeng tepatnya di Akkampeng dalam kesempatan tersebut petugas PK melihat secara langsung dan bertanya terkait kondisi sosial, ekonomi, budaya, pendidikan terhadap seorang klien yang sekarang berada di Rutan Enrekang.(Afu. Red)
Share:

No comments:

Post a Comment

Link Terkait

Instagram

Bapas Watampone YouTube



Instagram

Blog Archive

narator

Maps

Recent Posts