Kumpulkan Informasi Klien di Watansoppeng, PK Bapas Tempuh Jarak 130KM


Penelitian Kemasyarakatan (LITMAS) dimaksudkan untuk mengemukakan kondisi Klien selama menjalani pembinaan serta kelayakan penjamin dan pihak keluarga sebagai bahan evaluasi atas usulan Cuti Bersyarat maupun Pembebasan Bersayarat Warga Binaan Pemasyarakatan. Untuk mendeskripsikan keadaan klien dilakukan pengumpulan data/informasi melalui wawancara, observasi dan kajian literatur. Sumber informasi dalam pengumpulan data/informasi ini meliputi keterangan dari Klien, keluarga klien, petugas Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Enrekang serta laporan perkembangan Pembinaan Klien selama menjalani pembinaan di Rutan.

Hal itu seperti yang dilakukan oleh Petugas Pembimbimng Kemasyarakatan (PK) Bapas Kelas II Watampone di Kabupaten Soppeng. Petugas PK Bapas Watampone pertama mengumpulkan data primer serta melakukan interview di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Watansoppeng (18/02) terhadap WBP atau Klien yang beralamat di Marioriawa Kab. Soppeng, dalam interview tersebut, PK memberikan pertanyaan yang berkaitan riwayat pendidikan dan lain-lain terkait kondisi perkembangan Klien selama di Rutan Watansoppeng, selanjutnya PK Bapas menuju tempat alamat Penjamin Klien yang merupakan kakak kandung klien, bertempat di Kelurahan Kaca yang berjarak lebih kurang 56 km dari Rutan Watansoppeng, dalam interview dengan penjamin Petugas PK juga menanyakan beberapa hal terkait riwayat kelahiran klien, pertumbuhan fisik, pendidikan dalam keluarga, tingkah laku, relasi sosial dll. 

Masih di lokasi yang sama Petugas juga menemui Bapak Lurah Kaca, Bapak Sudarmono, S.S. dalam kesempatan ini Petugas PK menjelaskan prosedur Pembebasan Bersyarat (PB) yang akan dijalani Klien serta mengambil data-data demografis Kelurahan Kaca. Sudarmono menjelaskan pada prinsipnya pergaulan di Kelurahan Kaca cukup harmonis sehingga untuk melaksanakan bimbingan lanjutan terhadap klien bisa terlaksana dengan baik. Sudarmono yang juga lulusan pesantren sangat mengapresiasi program bimbingan kerohanian terhadap klien dan mengingatkan bahwa satu satunya tempat kembali ketika orang tersesat adalah Allah SWT.
Share:

No comments:

Post a Comment

Link Terkait

Instagram

Bapas Watampone YouTube



Instagram

Blog Archive

narator

Maps

Recent Posts