PK Bapas Bone Melakukan Pendampingan Diversi


 Wajo, 11 Februari 2019
 

Petugas Pembimbing Kemasyarakatan dari Balai Pemasyarakatan Kelas II Watampone, Hamsi, S.Sos. mengahadiri pelaksanaan diversi yang dilakukan di Polsek Pitumpanua Resor Wajo.

Pendampingan diversi menjadi salah satu tugas pokok dan fungsi Balai Pemasyarakatan (BAPAS) dalam penegakan hukum di Indonesia yaitu Pendampingan Anak Berkonflik dengan Hukum (ABH). Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (UU SPPA). Hamsi melakukan pendampingan terhadap anak pelaku yang terkait kasus Pengancaman dengan Kekerasan.

Penyelenggaraan Diversi dilakukan oleh Aparat Penegak Hukum (APH) di Polsek Pitumpanua dengan turut menghadirkan pihak terkait yaitu selain pihak Anak/keluarga Anak dan pihak korban/keluarga korban, juga mengundang PK BAPAS, dan tokoh masyarakat setempat yang diwakili oleh sekertaris desa.

Pelaksanaan Diversi tersebut menghasilkan kesepakatan dimana kedua belah pihak sepakat untuk berdamai dan anak pelaku kembali ke orang tua untuk dilakukan pembinaan. Hamsi berharap bahwa Anak pelaku bisa menyadari kesalahannya dan memperbaiki pola pikir dan perilakunya ke depan sehingga bisa hidup menjadi warga negara yang taat hukum dan bisa menjadi generasi bangsa yang positif.
Share:

No comments:

Post a Comment

Link Terkait

Instagram

Bapas Watampone YouTube



Instagram

Blog Archive

narator

Maps

Recent Posts