Anak Berkonflik dengan Hukum, PK Bapas Melakukan Pendampingan Tahap II di Kejaksaan Negeri Bone

Watampone 18 Februari 2019

Salah seorang Siswa SMA di salah satu sekolah di Kota Watampone nekat melakukan tindak pidana Pencurian satu unit Motor Yamaha Mio Sporty milik AB bersama temannya WH (17) melakukan pencurian motor dan menjual nya kepada salah satu penadah, KM (27/1)

Perkara yang melibatkan WH saat ini sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Bone. "Kami dari Kejaksaan akan titip 5 hari dulu di Lembaga Pemasyarakatan, sembari menunggu persidangan. Anak ini sudah berusia 17 tahun, ancamannya juga diatas 7 tahun. Insya Allah sejak tanggal 18 sampai 22 Februari kami titip di Lembaga Pemasyarakatan." tutur Sulwahidah S.H Jaksa yang menangani kasus WH

Berdasarkan informasi yang dihimpun sebelumnya, WH diduga malanggar pasal 363 ayat (1) butir ke-4e dan butir ke-5e KUHPidana tentang Pencurian. Anak Pelaku diancam dengan pidana penjara 7 tahun.

Anak yang berkonflik dengan hukum harus menjadi perhatian khusus oleh para penegak hukum, dalam hal ini Balai Pemasyarakatan Kelas II Watampone mempunyai peran besar dalam memberikan rekomendasi kepada pihak kepolisian, kejaksaan, pengadilan dalam rangka perlindungan terhadap hak anak.

"
Kami Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Watampone akan merekomendasikan pidana pengawasan, mengingat anak tersebut masih sekolah, dan duduk dibangku kelas 3 SMA. Kami berharap anak ini masih bisa melanjutkan pendidikannya. WH sudah kelas 3 SMA, Apalagi mengingat ABH ini memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan. Sebentar lagi ujian nasional, kami berharap masa depan anak yang berhadapan dengan hukum tetap menjadi perhatian semua pihak, kita berpegang pada prinsip Restoratif Justice" Tegas PK Bapas H. Alias, SE. saat ditemui oleh tim Humas (18/02) 

Selanjutnya, Kasus pencurian yang melibatkan anak dibawah umur ini menunggu gelar sidang di Pengadilan Negeri Watampone, dan setiap prosesnya akan terus didampingi oleh Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Watampone.
Share:

No comments:

Post a Comment

Link Terkait

Instagram

Bapas Watampone YouTube



Instagram

Blog Archive

narator

Maps

Recent Posts