Mendampingi Sidang Anak, PK: Semua demi kepentingan yang terbaik bagi Anak!



Watampone, Pelaksanaan Sidang Tahap I terhadap Anak yang Berhadapan dengan Hukum, WY dengan kasus Pencurian kendaraan bermotor digelar di Pengadilan Negeri Watampone. Pembimbing Kemasyarakatan beserta Asisten pembimbing Kemasyarakatan dari Balai pemasyarakatan kelas II Watampone turut melakukan pendampingan terhadap anak yang berhadapan dengan hukum tersebut. (25/02).

Dalam persidangan terhadap terhadap anak yang melakukan tindak pidana, keberadaan Balai Permasyarakatan (Bapas) yang salah satu fungsinya adalah membuat laporan Penelitian Kemasyarakatan (Limnas) terhadap Terdakwa Anak. Sebab dengan Litmas tersebut, Hakim akan memperoleh gambaran yang jelas tentang keadaan yang sebenarnya mengenai latar belakang anak yang melakukan tindak pidana dan sebab-sebab dilakukannya tindak pidana tersebut

Pelaksanaan sidang dipimpin oleh hakim anak, Dr. Nur Kautsar. SH.,MH. didampingi oleh panitera pengganti H. Tasrim SH. Proses persidangan terhadap ABH tersebut dihadiri oleh beberapa pihak antara lain Alias SE, Amir S. SH, dan Kariady dari Bapas Watampone. Jaksa Penuntut Umum Sulwahidah SH., Pengacara Anak Pelaku, Suradi SH. serta dari Pihak Peksos, Ramlah Akib, S. Psi.
Agenda pada sidang pertama adalah pembacaan dakwaan, pemeriksaan saksi dan pemeriksaan korban. Dalam kesempaatan ini Pembimbing Kemasayarakatan dari Bapas Watampone memberikan rekomendasi terhadap anak pelaku berupa pidana pengawasan dengan pertimbangan agar anak tersebut tetap dapat mengikuti pendidikannya yang sedang berjalan sebagai pelajar.
  
Selanjunya persidangan pada tanggal 26 Februari 2019 mengagendakan pembacaan tuntutan oleh JPU dan dilanjutkan dengan pembacaan putusan vonis dari hakim. WY kemudian divonis dengan pidana kurungan selama 1 bulan 20 hari dan klien tersebut akan menjalani masa pidananya di Lapas kelas II A Watampone. "WY ini sekarang sudah duduk di SMA kelas III tidak lama lagi dia akan mengikuti ujian nasional, dia masih punya kesempatan untuk belajar dari peristiwa ini, apalagi masa depan anak ini masih panjang. Ini semua demi kepentingan yang terbaik bagi anak." terang H. Alias yang ditemui setelah sidang.

Share:

No comments:

Post a Comment

Link Terkait

Instagram

Bapas Watampone YouTube



Instagram

narator

Maps

Recent Posts