Bapas Kelas II Watampone Bersama Tim Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi Kanwil Kemenkumham Sulsel melakukan Monitoring dan Evaluasi terkait Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Limas)



Watampone, Kamis 18 November 2021

Bapas Kelas II Watampone yang diwakili oleh Marwati (PLT Kabapas Kelas II Watampone), Andi Masjaya (Kasubsi BKA), dan Syamsu Jumadi (Kaur Tata Usaha) bersama dengan Tim Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi Kanwil Kemenkumham Sulsel melakukan monitoring dan evaluasi terkait kerjasama dengan pihak ketiga dalam hal pembinaan dan pelatihan kemandirian untuk Klien Pemasyarakatan. Kerjasama dengan pihak ketiga ini tergabung dalam Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Limas) yang turut membantu dalam pemberdayaan Klien Pemasyarakatan dalam bidang wirausaha.


Pada kegiatan ini tim monitoring dan evaluasi mengunjungi Balai Latihan Kerja Kab. Bone, dan Pokmas Limas yaitu Mr. King Automodif Otoproject, serta Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat – Forum Pendamping Pemerhati Anak Indonesia (FKBM – FP2AI). Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi Kanwil Kemenkumham Sulsel, Rahnianto meninjau langsung pelatihan kemandirian dibidang pertukangan yaitu pembuatan furniture dan menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan kemandirian untuk Klien Pemasyarakatan ini akan sangat bermanfaat bagi mereka kedepannya karena keterampilan kerja yang meningkat berarti peluang kesuksesan usaha semakin tinggi.


Kemudian beliau Bersama rombongannya melanjutkan kunjungan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat – Forum Pendamping Pemerhati Anak Indonesia (FKBM – FP2AI). Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi Kanwil Kemenkumham Sulsel dan Mr. King Automodif Otoproject guna meninjau bentuk pembinaan kemandirian yang diberikan oleh mereka serta sejauh mana progres keberhasilan mencetak SDM dalam hal ini Klien Pemasyarakatan menjadi produktif dan mampu bersaing dalam dunia  wirausaha. Beliau berharap agar program-program yang dilaksanakan oleh Bapas Kelas II Watampone dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan terus ditingkatkan menjadi lebih baik lagi.


PLT Kabapas Kelas II Watampone, Marwati juga menambahkan bahwa maksud dan tujuan dibentuknya Pokmas Lipas adalah meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pencapaian tujuan Sistem Pemasyarakatan agar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dapat menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, bisa memperbaiki diri, dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima oleh masyarakat sehingga dikemudian hari diharapkan dapat berperan aktif dalam pembangunan serta dapat hidup secara wajar sebagai warga Negara yang baik dan bertanggung jawab. Mitra kerja Pemasyarakatan yang memiliki kepedulian tinggi dan kesediaan berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemasyarakatan turut memiliki andil dalam membentuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berkualitas dan produktif

Share:

No comments:

Post a Comment

Link Terkait

Instagram

Bapas Watampone YouTube



Instagram

Blog Archive

narator

Maps

Recent Posts