Semangat Baru Jaga Kesehatan, Bapas Kelas II Watampone Ikuti Senam Aerobik Secara Virtual



Jumat 14 Januari 2022, PLT Bapas Kelas II Watampone bersama jajarannya, mengikuti olahraga senam pernafasan jantung dan aerobik  (Stay At Home) bersama seluruh jajaran UPT Kanwil Kemenkumham Sulsel secara virtual via aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka semangat baru menjaga Kesehatan ditengah pandemi Covid-19 yang bertempat di aula Bapas Kelas II Watampone .


Jenis olahraga yang dilaksanakan yaitu berupa senam pernafasan jantung dan aerobik dengan instruktur Zin Dina dan Zin Ima dari Kanwil Kemenkumham Sulsel. Adapun manfaat dari kegiatan ini dapat membuat tubuh menjadi otot tubuh rileks karena olahraga aerobik atau aerobik dapat melepaskan hormon endorphin serta memperkuat jantung dan paru-paru akibat dari fungsi tubuh menjadi optimal dalam penyerapan oksigen menjadi lebih baik.


Selain itu pada kegiatan ini juga diberikan penyuluhan Kesehatan secara virtual dengan tema “Pencegahan dan Penanganan Hypertensi dan Diabetes di Era Pandemi Covid19 dengan narasumber dr. Ridho Adriansyah Sp.PD dengan moderator, dr. Okke Marieni. Menurut narasumber Pembuluh darah yang kaku bisa terjadi karena Manusia memiliki Darah Tinggi (Hipertensi), lalu faktor usia yang sudah tua, atau gaya hidup jarang olahraga, makan tidak sehat, dan sering minum alkohol, sehingga akan membuat otot di pembuluh darah tidak fleksibel atau kaku, sementara untuk penyakit ini diabetes. kemudian dapat menyebabkan kadar gula (glukosa) darah menjadi tinggi. Jika dibiarkan berkepanjangan, gula darah tinggi yang tidak terkontrol ini dapat menimbulkan sejumlah komplikasi yang berbahaya.


Lanjut narasumber menambahkan bahwa pencegahan hipertensi dan diabetes sedini mungkin yaitu dengan cara;

1. Menerapkan pola makan sehat

Mengurangi konsumsi garam (jangan melebihi 1 sendok teh per hari)

2. Melakukan aktivitas fisik teratur (seperti jalan kaki 3 km/ olahraga  30 menit per hari minimal 5x/minggu)

3. Tidak merokok dan menghindari asap rokok dan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol

4.Diet dengan Gizi Seimbang, mempertahankan berat badan ideal

5. Melakukan pengecekan gula darah secara rutin.

Share:

No comments:

Post a Comment

Link Terkait

Instagram

Bapas Watampone YouTube



Instagram

narator

Maps

Recent Posts