Pegawai Bapas Watampone Mengikuti Penguatan Tupoksi Pemasyarakatan oleh Kadiv Pas Kemenkumham Sulawesi Selatan



Watampone - PLT Kabapas Kelas II Watampone, Marwati beserta jajarannya mengikuti Penguatan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Pemasyarakatan oleh Kadiv Pas Kemenkumham Sulsel, Dr. Suprapto  yang diselenggarakan di aula Lapas Kelas IIA Watampone, Senin (28/03/2022). Mengawali pengarahannya Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sulsel, Suprapto, menyampaikan bahwa pada masa pandemi Covid 19 agar jajaran pegawai Wilayah Kemenkumham Sulsel senantiasa menjaga integritas Kerja, meningkatkan kerja sama tim, dan yang terpenting dari itu adalah menjaga moral serta attitude dalam bekerja.
Melalui Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 35 Tahun 2018 tentang Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan, jajaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan HAM bertekad melakukan akselerasi (percepatan) revitalisasi pemasyarakatan. Dalam peraturan Menkumham tersebut diatas, revitalisasi penyelenggaraan pemasyarakatan adalah upaya mengoptimalkan penyelenggaraan pemasyarakatan sebagai bentuk perlakuan terhadap tahanan, WBP, dan klien serta perlindungan atas hak kepemilikan terhadap barang bukti. Revitalisasi meliputi pelayanan tahanan, pembinaan WBP, pembinaan klien, dan pengelolaan barang rampasan dan benda sitaan.
Diperlukan upaya penguatan untuk memastikan efektifnya mekanisme pengawasan dan pembimbingan narapidana; memastikan mekanisme seleksi yang baik melalui penelitian kemasyarakatan dan asesmen, hingga memastikan dukungan dari keluarga dan komunitas untuk kedua program tersebut. Lanjut beliau berharap untuk meningkatkan terus meningkatkan sinergitas antara Aparat Penegak Hukum (APH), menjaga marwah Pemasyarakata, dan senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik bagi publik sebagai upaya penguatan kapasitas dari Balai Pemasyarakatan sebagai unit pelaksana utama dalam program asimilasi dan integrasi. “Terhadap hal ini, sangat perlu dibangun komunikasi yang insentif dan komprehensif” Ujar Suprapto mengakhiri kunjungannya di Bapas Kelas II Watampone. (Humas Bapas Watampone)
Share:

No comments:

Post a Comment

Link Terkait

Instagram

Bapas Watampone YouTube



Instagram

narator

Maps

Recent Posts