PLT Kabapas Kelas II Watampone Berikan Penguatan Budaya Organisasi dan Kode Etik ASN Bagi Jajarannya


Watampone - Bertempat di aula kantor jajaran pegawai Bapas Kelas II Watampone mengikuti arahan penguatan “Budaya Organisasi dan Kode Etik Aparatur Sipil Negara (ASN)” yang diberikan secara langsung oleh Marwati, PLT Kabapas Kelas II Watampone. Jajaran pegawai antusias menyambut  kegiatan ini yang dilaksanakan pada Senin 12  September 2022. Marwati dalam pengarahannya menyampaikan pendapat para ahli terkait Budaya Organisasi yang merupakan kesatuan perangkat nilai yang ada di suatu organisasi yang memiliki pengaruh terhadap tata cara pelaksanaan suatu pekerjaan dan menjadi kaidah bagi para anggota organisasi dalam berperilaku (Cushway dan Lodge - 2000) atau dengan artian lain merupakan seperangkat norma yang diterapkan dan disetujui oleh para anggota organisasi, dapat mengarahkan para anggotanya dalam melaksanakan praktik profesinya, serta menjamin mutu moral dari profesi tersebut di mata masyarakat (Abdul Kadir - 2006).

“Penguatan budaya organisasi dan kode etik ASN sesuai dengan UU RI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara  sangat dibutuhkan sebagai sarana kontrol sosial dan sebagai petunjuk serta arahan bagi anggotanya untuk mengetahui bagaimana seharusnya mereka bersikap dan sekaligus menjamin kualitas moral profesi tersebut di mata masyarakat”, terang Marwati. Edukasi dan sosialisasi secara intens kepada pegawai ASN serta menunjukkan contoh sikap pimpinan yang berintegritas dapat mencegah secara preventif penyimpangan-penyimpangan kewenangan dan tetap pada alur tugas dan fungsi ASN.

Menutup arahannya, Marwati meminta semua pegawai untuk melaksanakan tugasnya sebagai Aparatur Sipil Negara yang memberikan pelayanan publik kepada masyarakat sebagai wujud pengabdian terhadap bangsa dan negara. Kode etik dan Budaya organisasi, terutama menyangkut nilai individu mengenai kreativitas, motivasi, dan inovasi, bisa ditingkatkan bila terdapat kepastian mengenai reward dan punishment. Beliau berharap dengan menerapkan tata nilai ANEKA – Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi, mari kita senantiasa menjaga Budaya Organisasi danberpedoman pada Kode Etik ASN sehingga integritas dan profesionalisme kerja berjalan dengan baik sesuai visi dan misi Kementerian Hukum dan HAM RI. (Humas Bapas Watampone)

Share:

No comments:

Post a Comment

Link Terkait

Instagram

Bapas Watampone YouTube



Instagram

narator

Maps

Recent Posts